Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Skema Kubus Modern pada Rumah

Skema Kubus Modern pada Rumah
Bagaimana pendapat Anda tentang arsitektur modern? Bahasa arsitekturnya sebenarnya sederhana. Semakin modern, semakin simple dan praktis. Yang paling penting nyaman digunakan.

Arsitektur modern untuk rumah tinggal memang sedang digemari oleh banyak orang. Oleh karena itu, obsesi untuk menciptakan sebuah rumah tinggal yang berkonsep tidak rumit, praktis, dan modern menjadi impian banyak orang. Rumah yang terbuka, segar, terang, dan tidak pengap pun menjadi dambaan sebagian orang. Intinya adalah rumah sehat yang diterapkan melalui cara-cara modern dan sederhana baik dari konsep arsitekturnya , komposisi ruang-ruangnya maupun pilihan materi.

Bangunan rumah kubus layaknya tumpukan boks sepertinya banyak mengilhami para arsitek untuk mewujudkan sebuah hunian modern yang praktis dan modern. Bangunan rumah pun akan tampak menyerupai tumpukan boks jika dilihat dari sisi jalan. Yang paling kelihatan menonjol dari rumah kubus ini adalah dari bentuk arsitektur yang berusaha ditojolkannya dengan baik. Atap miring pada lantai dua di atas garasi rupanya cukup menonjol dibandingkan sisi bangunan rumah yang lain, dan nampaknya merupakan sebuah sudut yang eye catching. Sapuan warna putih pada banguanan rumah semakin mencitrakan bahwa rumah ini adalah sebuah rumah modern.

Dari halaman menuju pintu masuk rumah, Anda bisa membuat undakan dan terlihatlah sebuah ruang penerima (foyer) yang cukup simple dirancang dalam satu kesatuan dengan ruang keluarga, ruang makan, dan ruang dapur. Di ruangan ini arsitek merancang agar cahaya alami melimpah ke dalam ruang, karena karena pada ruang keluarga di pasang jendela kaca dengan sudut yang tinggi. Pintu kaca kea rah kolam renang pun dibuat lebar sehingga dari ruang makan penghuni rumah bisa menikmati kesejukan efek dan pantulan air dari kolam renang.

Dengan desain seperti ini maka keluarga muda yang biasanya memiliki anak-anak yang masih kecil dapat membebaskan anak mereka untuk bermain di dalam rumah dengan aktif, karena rumah biasanya tidak begitu banyak mengoleksi interior. Furniture yang ada dan dipilih untuk rumah kubus modern ini biasanya adalah furniture yang sifatnya praktis dan fungsional. Maka ruangan akan tampak lebih luas dari ukuran sebenarnya.

Pada bagian dapur pun, sentuhan modern nampak mendominasi ruangan. Hal ini disebabkan oleh penggunaan stainless steel dalam warna putih, hitam, dan abu-abu. Meja pulau pantry dibuat persegi dengan tengah cabinetnya yang berbentuk L, dilengkapi dengan kursi bar untuk kegiatan sarapan pagi dan siang hari.

Anak-anak selain dapat bermain di lantai bawah, dapat pula bermain di ruangan khusus pada lantai atas. Meja setengah lingkaran berikut kursi yang warna-warni dan papan tulis memberikan kebebasan bermain kepada anak-anak untuk belajar dan berkembang dengan baik. Tidak lupa dirancang pula dinding kaca lebar agar cahaya alami menyinari ruangan. Kamar tidur utama tampil simple dan elegan dengan tempat  tidur kayu dan warna senadanya dengan lemari dan furniture yang lainnya yang ada dalam kamar tersebut.

Disamping itu, dengan desain rumah kubus modern ini, Anda dapat memasang jendela-jendela lebar dari kaca untuk memaksimalkan cahaya matahari masuk secara maksimal ke dalam ruangan. Juga menempatkan celah-celah dengan jarak tertentu pada setiap sudut yang ada dalam setiap ruangan. Cara ini dirasa cukup praktis dan mudah diaplikasikan pada setiap jenid rumah dengan nuansa modern.

Tips Menata Interior pada Rumah Kubus
•    Letakkan barang seperlunya saja di dalam rumah Anda. Jangan lupa untuk memilih furniture yang
      berbentuksimple, elegan, dan praktis.
•    Usahakan untuk membuat taman di sekeliling rumah, juga membangun kolam renang, agar rumah berkesan
      sejuk dan meneduhkan. Hal ini untuk menyamarkan efek “keras” dan “kaku” pada desain rumah kubus.
•    Usahakan agar dinding rumah dalam keadaan bersih, dan polos.
•    Coba hadirkan satu set perangkat interior yang mencitrakan cirri modern bagi rumah Anda, seperti interior
      yang terbuat dari kaca, stainless steel, atau alumunium.

 

Artikel Lainnya :