Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Rumah Gurita di Bandung yang Menakjubkan

Rumah Gurita di Bandung yang Menakjubkan

Gurita adalah binatang air yang hidupnya ada di laut. Salah satu ciri utama dari binatang ini adalah punya semacam tangan atau belalai yang banyak yang bisa digunakan untuk melakukan pergerakan dan menangkap ikan atau binatang lain yang dijadikan mangsa makanan. Selain itu belalai ini juga sering dipakai untuk melawan musuh ketika terjadi pertempuran dengan binatang yang ukurannya lebih besar.

Warna kulit dari gurita pada umumnya adalah gelap. Dan karena punya tampilan yang sangat seram serta punya sifat yang buas, binatang ini sering dijadikan simbol suatu gerakan atau aliran pemuja setan. Di Indonesia sendiri, tepatnya di kota Bandung, terdapat bangunan rumah yang pada bagian atas atau atapnya diberi hiasan patung gurita. Karena itulah banyak masyarakat yang berpendapat jika rumah itu merupakan bangunan yang sering digunakan untuk upacara pemujaan pada setan.

Terlepas dari apakah cerita tersebut benar atau hanya sekedar gossip saja, namun yang jelas jika dilihat dari sisi desain, tampilan hiasan gurita ini punya daya tarik dan seni yang sangat tinggi. Patung gurita tersebut dibuat dengan ukuran yang sangat besar dan diletakan pada bagian pojok depan dan bisa dilihat dari arah luar dengan jelas dan detail, meski rumah gurita di Bandung yang menakjubkan ini berada di bagian belakang bangunan rumah yang lain.

Seperti binatang gurita yang asli, patung ini juga diberi warna hitam gelap yang pekat, sangat kontras dengan dinding yang diberi warna putih. Kepala gurita yang bentuknya bulat seperti bola namun agak lonjong dibuat dengan posisi yang berada di bagian paling atas. Bagian tubuh yang lain yaitu belalai atau tangan yang jumlahnya cukup banyak, menjuntai ke beberapa arah yang berlainan.

Tampilan belalai ini merupakan element yang punya daya tarik paling tinggi sekaligus membuat patung hias ini terlihat makin hidup. Salah satu belalai dibuat melengkung dan menjulur kearah bawah, hingga berada di depan jendela kaca yang menempel pada dinding. Belalai yang ada di sebelah kirinya juga dibuat menjuntai namun tidak langsung ke bawah tapi membentuk tampilan seperti spiral.

Kemudian belalai yang ada di sebelah kiri, menjuntai kearah samping dan mendekat pada atap teras yang berbentuk setengah lingkaran. Di sebelahnya lagi ada belalai lain yang juga bergerak kearah samping namun pada bagian tengahnya membelok ke belakang.

Belalai lain yang ada di samping kiri juga terlihat sangat cantik. Beberapa belalai yang berada di tempat ini saling melingkar dengan ukuran yang cukup panjang, hingga berada di bagian dinding paling belakang. Jadi bisa dikatakan, jika semua bagian tubuh dari patung gurita ini memakan lebih dari dua pertiga bagian dinding, meski tidak secara keseluruhan namun hanya pada ukuran panjangnya saja.

Agar semakin menyerupai bentuknya yang asli, bagian dalam atau belakang dari belalai patung gurita ini diberi bintik-bintik warna merah yang bentuknya bundar dan berada di sepanjang belalai tersebut. Dari pangkal hingga ujung, ukuran bintik-bintik ini terus mengecil.

Bagian paling sulit yang harus dikerjakan ketika membuat patung gurita ini tentu saja terletak pada kerangka belalai. Kerangka ini dibuat dari kawat atau tulang besi yang dibengkokan dengan cara tertentu, sehingga bisa menghasilkan bentuk-bentuk atau alur yang sangat alami. Agar bisa menghasilkan tampilan yang alami tersebut juga dibutuhkan perhitungan rumit.

Hal lain yang juga membutuhkan ketrampilan khusus adalah ketika menempelkan adonan pasir dan semen yang menutup kerangka atau konstruksi. Pekerjaan ini harus dilakukan dengan ekstra hati-hati dan penuh penghayatan seni yang tinggi. Dari sini akan dapat dihasilkan suatu tampilan patung yang telihat sangat hidup, menyerupai bentuknya yang asli.

Sumber gambar : http://www.kaskus.co.id

 

 
Artikel Lainnya :
 Pengertian Arsitektur Gaya Neoklasik Mengatur Teknik Pencahayaan Untuk Memperindah Tampilan Fasad 
  Manfaatkan Perkembangan Teknologi Bahan Untuk Rumah Terbaik Anda Mendirikan Bangunan Tanpa Bekisting 
 Aneka Macam Cacat Kayu yang Digunakan Pada Bangunan Menikmati Keindahan Desain Jembatan Ampera di Palembang 
 Perbandingan Rumah di Komplek Perumahan dan Perkampungan Hal yang Harus Diperhatikan saat Mendesain Kamar Mandi 
 Perkembangan Konsep Vernakular dalam Mendesain Resort Masalah Yang Paling Sering Muncul Pada Penggunaan Batu Alam 
 Cara Membuat Hiasan Lampu Gantung Krat Botol Tips Perawatan Alang alang Sebagai Atap Rumah Tradisional Bali 
 Villa Tropis di Bali yang Segar dan Cerah Arsitektur Jembatan Paling Panjang di Dunia 
 Tips Menutup Lantai dengan Batu Koral Rumah Atlet Terkenal Sedunia 
 Bagaimana Cara Memilih Bahan Bangunan Yang Sehat ? Keuntungan dan Cara Membuat Rumah Ramah Lingkungan Dari Kayu 
 Ide Menarik Membuat Kursi Sofa dari Bathub Bekas Dekorasi Kamar Mandi Termewah 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker