Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Membuat Desain Kolam Bundar di Taman Bali

Membuat Desain Kolam Bundar di  Taman Bali

Selain tanaman hias, element lain yang bisa menambah nilai kecantikan dari suatu taman adalah kolam baik kolam untuk menaruh ikan hias maupun kolam untuk berenang. Maka kolam yang ada di taman ini sudah sepantasnya jika dibuatkan desain secara khusus agar mampu menyajikan kesan yang indah dan punya keistimewaan tersendiri.

Salah satu cara yang bisa ditempuh untuk membuat kolam agar punya daya tarik yang tinggi adalah dengan menciptakan bentuk yang tidak biasa, misalnya bundar. Contohnya adalah kolam yang berada di taman di dalam suatu komplek rumah villa yang ada di Canggu Bali seperti yang terlihat pada gambar.

Kolam yang ada di tengah taman ini bentuknya tidak bundar secara penuh seperti lingkaran namun agak lonjong. Pada salah satu sisi tengah yang panjang, dibuat garis lengkung kearah dalam. Jika dilihat dari arah atas, desain kolam bundar di taman Bali   ini tampilannya seperti buah apel yang dibelah.

Pada bagian pinggir, ada tiga garis yang mengelilingi kolam. Garis pertama yang ada di bagian paling tepi atau bibir kolam ditutup dengan ubin warna krem, kemudian garis kedua merupakan parit untuk saluran pembuangan air yang diberi ubin warna biru muda. Hal ini menjadikan air yang ada di tempat itu juga memunculkan warna terang, sangat kontras dengan warna air pada kolam yang berwarna biru gelap. Sedangkan garis yang ketiga merupakan element tambahan untuk mempercantik tampilan kolam dan memperkuat dinding parit.

Dengan membuat kolam yang bentuknya bundar, ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh. Salah satunya adalah dinding yang ada di kolam tidak menggunakan sudut karena tidak ada bagian pojoknya. Hal ini menyebabkan kemungkinan terjadinya kebocoran bisa diminimalkan. Selama ini, kasus kebocoran pada kolam pada umumnya sering terjadi pada bagian pojok yang merupakan sambungan antara satu sisi dinding dengan sisi dinding yang lain.

Selain itu goncangan yang terjadi karena adanya pergerakan atau ombak air, tidak akan menghasilkan tekanan yang begitu besar dibanding dengan dinding kolam yang bentuknya datar. Karena tekanan dari gerakan air tersebut akan terus membelok pada dinding di sebelahnya. Hal ini menjadikan potensi kebocoran pada dinding bisa berkurang lagi.

Kemudian untuk mempercantik tampilan taman dan kolam, lahan yang berada di sekelingnya diberi garis-garis yang saling bersilangan dari semen dan membentuk kotak-kotak kecil. Kotak kecil ini kemudian ditutup dengan tanaman rumput. Dengan cara seperti ini maka proses peresapan air ketika hujan sedang turun bisa berjalan sempurna.
Selain itu kotak-kotak rumput ini pada bagian pinggir luarnya diberi garis lagi yang bentuknya juga sama dengan tampilan kolam. Sehingga kolam tersebut tampak berada di dalam lingkaran lonjong yang lebih besar.

Pada bagian pinggir kolam, dibuat gazebo dengan desain tradisional Bali. Salah satu bagian pojoknya menyentuh bibir kolam. Sedangkan lantainya, menggunakan bahan kayu dari jenis dan warna yang sama dengan kayu yang digunakan untuk membuat tiang penyangga. Atapnya menggunakan atap rumput ilalang yang pada bagian puncaknya diberi hiasan mahkota.  Tempat ini digunakan untuk menaruh meja dan kursi panjang yang desainnya juga menggunakan gaya etnik atau tradisional.

Di tempat lain yang tidak jauh dari gazebo, terdapat pergola kecil dari kayu namun tidak diberi tanaman rambat pada bagian atasnya. Sedangkan kursi atau dipan untuk bersantai dan berjemur diletakan di dekat pergola tersebut dan bagian pinggir kolam yang lain. Agar terlihat makin indah dan cantik, bagian pinggir kolam diberi tanaman hias dengan konsep penataan yang sangat sempurna.

Sumber gambar : http://www.baliholidayaccommodation.com





 
Artikel Lainnya :
 Mendesain Ruang Gaya Georgian Bentuk Bangunan Paling Lucu 
 Cara Membuat Tempat Tidur berbentuk Tabung Fungsi dan Kelebihan Lantai Karet 
  Gunakan Jasa Pengawasan, untuk Proses Pembangunan Rumah Anda Merancang Rumah Penangkal Stres 
 Memasang dan Memilih Roster Desain Interior Ruang Perjanjian Linggarjati 
 Keuntungan dan Teknik Penggunaan Pagar Kayu Membuat Pondasi Sesuai Jenis Tanah 
 Jasa Arsitek sebagai Bagian Investasi Rumah Anda Desain Pergola Alami di Taman Bali  
 Pengertian dan Cara Membuat Taman Komunal Jenis Atap Penutup Carport 
 Penggunaan Batu Alam dan Kayu untuk Fasad Memilih Atap Baja Ringan dan Cara Memasangnya 
  Tips Untuk Menghemat Biaya Renovasi Murah Menata dan Mendesain Foyer 
 Desain Interior Ruang Tamu Keraton Cirebon Membuat Relief Untuk Mempercantik Taman 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2015 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker