Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Teknik Menyatukan Tampilan Kolam dan Rumah di Bali

Teknik Menyatukan Tampilan Kolam dan Rumah di Bali

Desain bangunan rumah villa yang ada di daerah Bali ini mampu menampilan sajian yang sangat spektakuler. Antara bangunan utama dan kolam renang disatukan dalam satu bagian yang tidak terpisahkan. Apalagi kolam dan bangunan ini berada pada posisi yang lebih tinggi, tidak di atas permukaan tanah secara langsung.

Teknik menyatukan tampilan kolam dan rumah di Bali seperti ini memang sebenarnya tidak begitu sulit dilakukan. Karena konstruksinya dibuat secara terpisah. Hanya saja dinding atau bagian pinggir dari dua bangunan ini saling berdekatan dan menghasilkan kesan yang menyatu.

Untuk bangunan rumah, pembuatan kontruksi banguanannya lebih mudah dilakukan. Karena konsepnya tidak begitu jauh dengan pembuatan konstruksi untuk rumah panggung. Beberapa tiang pancang untuk penahan beban yang diletakan di sebelah kiri dan kanan, disatukan dengan kontruksi atau kerangka yang dipasang secara horizontal.

Konstruksi yang berada di sebelah samping dekat kolam dan digunakan untuk membuat lantai kayu, berada pada pada pinggir lahan yang posisinya lebih atas daripada lahan untuk membuat bangunan rumah dan kolam. Ada dua cara untuk membuat konstruksi pada bagian ini. yang pertama adalah, konstruksi dibuat seperti biasa dan menempel secarang langsung pada lahan yang berbentuk vertikal.

Cara yang kedua, tulang konstruksi di tanam dan dimasukan ke dalam tanah pada lahan vertikal secara horizontal. Jadi sistemnya tidak berbeda jauh dengan sistem untuk membuat pondasi dinding yang berada di suatu tebing atau pinggir jurang. Namun karena ukuran dan luasnya lebih kecil, maka pemasangannya juga menggunakan perhitungan yang lebih sederhana dan tidak begitu rumit.

Konstruksi yang lebih sulit dikerjakan justru terletak pada tiang penyangga untuk kolam renang. Karena air punya bobot massa yang lebih berat dan selalu dalam kondisi yang bergerak. Maka konstruksi juga harus lebih besar dan kuat. Dan yang tidak kalah rumit lagi dari bagian ini yaitu, teknik untuk membuat dinding kolam. Karena bentuk kolam ini tidak kotak, namun terdapat dua lengkungan yang saling berlawanan pada salah satu sisinya.

Satu lengkungan mengarah ke bagian dalam, sedang lengkungan yang lain mengarah keluar dan membentuk sudut lancip pada bagian ujungnya. Pembuatan kerangka dinding pada bagian ini serta sudut-sudut yang lain harus memperhitungkan kekuatan sambungannya. Apalagi dinding kolam tidak berada di dalam tanah seperti kolam renang yang lain.

Hal lain yang juga harus diperhitungkan adalah pembuatan lantai dasar kolam. Selain harus dapat menghindari adanya kebocoran, juga memperhitungkan kekuatan konstruksi dan kerangka lantai  karena bangunan ini tidak menggunakan dinding yang bisa digunakan sebagai element pembantu untuk menahan beban.

Selanjutnya dari sisi desain, bentuk bangunan dan kolam ini juga sangat menarik. Meski terlihat sangat modern, tapi nuansa etnik atau tradisionalnya juga tetap hadir terutama pada bagian atas atau atap limasnya yang menggunakan atap sirap dari kayu. Selain itu lantai yang berada di tepi kolam menggunakan lantai kayu, memberi nuansa yang lebih alami dan sejuk.

Suasana yang makin sejuk hadir dari banyak tanaman dan pohon yang ada di sekitar bangunan. Meski jumlahnya banyak dan cukup rimbun, namun tanaman ini tetap terlihat sangat rapi karena menggunakan konsep penataan yang baik. 

Posisi lahan yang berada di samping bangunan juga mampu memunculkan tampilan landscape yang sangat indah. Di tempat itu ada bangunan lain yang konsep desainnya tidak berbeda jauh dengan bangunan yang menyatu dengan kolam renang, namun punya ukuran yang lebih panjang. Dan karena berada pada lahan yang lebih tinggi, tiang untuk menyangga bangunan dibuat lebih pendek.

Sumber gambar : http://www.baligardenvillas.com



 
Artikel Lainnya :
 Mengapa Rumah Minimalis Begitu Diminati? Menghidupkan Suasana Rumah dengan Pagar Hidup 
 Memaksimalkan Fungsi Sosial Pada Ruang Tips Bagaimana Membuat Teras Yang Nyaman 
 Mengenal Lebih Jauh Tentang Rumah Raswari Membuat Desain Kolam Bundar di Taman Bali  
 Kelebihan dan Cara Membuat Desain Kolam Renang Dalam Ruang Desain Gereja di Tanah Karo 
 Bangunan Berbentuk Kura-kura di Jepara Taman Tertua di Dunia 
 Tips Mencegah Terjadinya Kecelakaan Pada Proyek Bangunan Desain Teras Villa di Bali yang Indah 
 Menggunakan Teras Secara Maksimal Atap Kerucut Pada Rumah Adat Wae Rebo NTT 
 Desain Pintu Rumah Bangunan Tas Anyam/Belanja 
 Rumah Kayu dengan Tampilan yang Sangat Fantastis Fungsi dan Kelebihan Stell Floor Deck 
 Benarkah Profesi Arsitek Belum di Apresiasi di Indonesia? Teknik Menggunakan Beton Vibrator 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker