Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Desain Ruang Makan Gaya Bali di Tepi Kolam

Desain Ruang Makan Gaya Bali di Tepi Kolam Selain untuk melakukan olahraga, kolam renang sering digunakan untuk memperindah tampilan suatu ruang. Bahkan adakalanya ruang tersebut dibuat pada tempat yang tidak jauh atau malah menyatu dengan kolam untuk tujuan menghadirkan kesan yang lebih dramatis.

Desain ruang makan gaya Bali di tepi kolam yang ada pada suatu komplek bangunan rumah villa di daerah Canggu Kerobokan ini adalah salah satu contohnya. Ruang makan yang bersifat terbuka ini seakan menjadi bagian dari kolam meski punya fungsi yang sangat berbeda. Dinding penutup ruang sama sekali tidak digunakan dengan tujuan untuk menciptakan suasana yang lebih akrab dan hangat serta menyatu dengan alam.

Selain itu dengan tidak adanya dinding pada ruang ini, menjadikan orang yang sedang menikmati sajian makanan dapat melihat kejernihan air pada kolam yang memunculkan suasana yang sangat segar maupun pemandangn lain yang berada di depan ruang. Apalagi lahan yang berada di depan ruang tersebut merupakan lahan terbuka yang sangat luas sehingga fokus pandangan mata juga bisa lebih jauh dan bebas. 

Meski tidak menggunakan dinding, kerangka dan tiang untuk penyangga bangunan tetap dibuat dengan ukuran yang besar. Hal ini dikarenakan ruang tersebut juga punya ukuran yang cukup luas dan tiang penyangganya hanya diletakan pada setiap pojoknya saja.

Selain untuk konstruksi bangunan, tiang penyangga yang ditanam hingga masuk kedalam tanah ini juga menjadi bagian dari kontrusksi lain untuk membuat dinding yang ada di dalam kolam. Demikian pula dengan pondasi ruang makan, terutama pada sisi yang menyatu dengan kolam.

Pada bagian tengah terdapat seperangkat perabot meja dan kursi makan yang merupakan element utama. Empat kursi yang posisinya berjajar dua-dua dan saling berhadapan menggunakan bahan dari kayu pada kerangkanya. Bagian untuk duduk dan sandaran punggung berupa anyaman dari eceng gondok yang disusun secara rapat. Di sebelah kiri dan kanan, terdapat bangku duduk dari kayu berukuran panjang. Sementara itu di atas meja terdapat hiasan berupa bunga kering yang ditaruh di dalam vas.

Antara meja makan, kursi, bangku dan hiasan bunga kering menggunakan paduan warna yang senada, yaitu coklat muda yang menjadikan tampilan ruang mampu menghadirkan suasana tropis yang hangat, sebagaimana kondisi alam yang ada di pulau Bali. Hal yang sama juga terjadi pada lantai yang ditutup dengan ubin warna krem kecoklatan serta tiang penyangga tidak diberi lapisan cat dan menghasilkan warna abu-abu yang muncul dari campuran pasir dan semen.

Nuansa Bali lain yang lebih bersifat etnik dan tradisional muncul dari bagian atas yaitu atap dari rumput ilalang yang ditata secara rapi. Agar terlihat lebih segar pada sudut  atau tiang penyangga ditaruh tanaman hias yang diletakan di dalam pot. Meski tidak begitu besar, namun warna hijau dari tanaman ini mampu menjadikan tampilan ruang ini terlihat tidak begitu kering dan panas serta silau.

Selain ruang makan, di kolam ini terdapat ruang lain yang sifatnya juga terbuka dengan konsep desain yang sama. Di tempat tersebut terdapat suatu perabot yang terbuat dari susunan bambu yang diletakan pada bagian pojok dekat tiang penyangga.

Dinding pembatas yang berada di sepanjang kedua ruang dan tepi kolam terdiri dari beberapa bidang tembok yang disatukan dengan kere dari bambu yang berada di bagian tengah. Jika ingin suasana yang lebih tertutup, gulungan kere ini tinggal diturunkan dan membentuk dinding yang terlihat sangat alami.

Sumber gambar : http://www.baliholidayaccommodation.com


 
Artikel Lainnya :
 Tips Menggunakan Batu Koral untuk Menghias Teras Sistem Kerja Septic Tank Biologis dan Teknik Memilihnya 
 Bangunan Kuil Tertua di Dunia Alasan untuk Melakukan Renovasi 
 Landscape Komplek Villa di Tepi Pantai Pulau Bali Membuat Kamar Mandi di Depan Rumah 
 Desain Ruang Makan Gaya Bali di Tepi Kolam Masalah Yang Paling Sering Muncul Pada Penggunaan Batu Alam 
 Hadirkan Suasana Pantai di Rumah Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen 
 Perlunya Jasa Kontraktor dalam Merenovasi Rumah Jenis-jenis Kamar Mandi 
 Membuat Jalan Beton dan Pebandingannya dengan Jalan Aspal Memperbaiki Dinding Retak Dengan Sistem Injeksi 
 Gazebo Minimalis di Tepi Pantai Bali Ide Menarik Membuat Tempat Tidur Spiral 
 Landscape Hotel yang Indah di Palembang Teknik dan Cara Mempercantik Tampilan Dinding dengan Kayu Bakar 
 Taman Terindah di Dunia Pemanfaatan Innercourt Rumah Sebagai Sumber Cahaya dan Udara 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker