Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Unik dan Cantik Rumah Kayu di Bali

Unik dan Cantik Rumah Kayu di Bali

Bali memang telah menjadi surga bukan hanya untuk wisatawan saja, namun juga bagi para desainer atau arsitektur bangunan untuk menghasilkan karya-karya yang sangat unik dan cantik, sesuai dengan kondisi alam di pulau dewata ini.

Paduan unik dan cantik rumah kayu di Bali seperti yang terlihat pada gambar ini adalah salah satu contohnya. Meski ukurannya tidak begitu besar, namun pembuat desain bangunan rumah berlantai dua ini mampu menghadirkan kesan yang indah serta daya tarik yang sangat tinggi.

Dan yang tidak terlupakan, pondasinya juga punya konstribusi untuk menjadikan tampilan rumah terlihat makin sempurna karena bagian atasnya agak menjorok ke atas permukaan tanah. Hal ini menjadikan bangunan berlantai dua yang sudah tinggi ini terlihat makin jangkung seperti bangunan menara. Selain itu tampilannya yang tidak membentuk kotak dengan sisi yang beraturan seperti banguan biasa, menghasilkan nuansa yang agak aneh dan makin artistik.

Pada bagian pinggir, pondasi tersebut membentuk dinding yang ditutup dengan susunan batu alam. Di depannya terdapat tangga, digunakan sebagai akses untuk naik ke atas pondasi yang membentuk lantai tersebut. Tangga dan lantai ini ditutup dengan ubin warna krem terang.

Meski sudah terdapat lantai pada pondasi, namun lantai bangunan rumah kayu ini menggunakan lantai lain yang posisinya tidak menempel secara langsung, dengan jarak beberapa sentimeter di atasnya. Hal ini tentu saja menjadikan kerangka atau konstruki bangunan yang dibuat harus lebih kuat karena tidak mengandalkan kekuatan dari pondasi untuk menahan beban dari dinding dan atap yang harus disangga.

Masalah ini bisa diatasi dengan cara membuat lantai kayu yang pada bagian pinggir atau setiap pojoknya mencengkeram secara langsung tiang konstruksi yang jumlahnya ada tujuh ini. Jadi tiang konstruksi yang menggunakan bahan kayu ini tidak akan mudah goyah karena masing-masing element terpenting ini sudah saling terhubung dan menyatu.

Penggunaan tiang kerangka atau konstruksi yang jumlahnya cukup banyak ini memang  disesuaikan dengan bentuk dinding bangunan yang berbentuk seperti lingkaran namun dengan dinding yang tidak melengkung. Dinding tersebut bentuknya datar dan masing-masing punya ukuran dan sudut yang berbeda-beda.

Untuk lantai bawah atau pertama, dinding ditutup dengan susunan papan  kayu yang ditata secara vertikal. Pada bagian atasnya, diberi kaca bening yang bersifat transparan dengan ukuran yang cukup besar, lebih dari separo dari luas dinding. Penggunaan kaca ini menjadikan rumah tersebut terlihat lebih terang, sehingga nuansa gelap yang muncul dari kayu yang berwarna coklat tua bisa dikurangi.

Khusus untuk dinding yang berada di dekat tangga untuk naik ke lantai dua, semua ditutup dengan kayu tanpa kaca. Tangga tersebut bentuknya tidak lurus namun agak melengkung atau melingkar dan menuju sisi dinding lain di lantai atas. Tampilannya  mampu menjadikan rumah kayu ini terlihat makin unik dan anggun. 
Untuk lantai kedua yang ada di atas, merupakan ruang terbuka yang hanya diberi pagar untuk pengamanan. Pada dinding samping dan depan, bagian tengah pagar ini diberi atap dari susunan kayu kecil yang dinamakan dengan atap sirap. Gunanya untuk melindungi ruang yang berada di lantai bawah, agar sinar matahari yang masuk bisa dibatasi dan tidak menjadikan ruang ini terlalu panas dan silau.

Kemudian untuk atap penutup bangunan, juga menggunakan atap sirap kayu. Bentuknya seperti kerucut, namun terbagi menjadi beberapa sisi. Atap yang lancip ini menjadikan rumah kayu ini terlihat makin indah, unik dan cantik. Apalagi warna kayu yang digunakan sangat selaras dengan warna kayu untuk dinding dan element yang lain.

Sumber gambar : http://astrobaliproperty.com

 
Artikel Lainnya :
 Membuat Pagar Sudut Teknik Menentukan Posisi Skylight 
 Pengaturan Pencahayaan untuk Rumah Mewah yang Nyaman Memilih dan Menggunakan Keramik Corak 
 Menciptakan Keharmonisan Keluarga di Ruang Keluarga berukuran 9m2 Hal Penting Dalam Perancangan Sanitasi Rumah 
 Menghias Kaca Dengan Teknik Grafir dan Air Brush Menggunakan Gypsum Untuk Mempercantik Tampilan Ruang 
 Villa Tropis di Bali yang Segar dan Cerah Keuntungan dan Tips Menggunakan Kayu Sintetis 
 Teknik Melakukan Pembongkaran Rumah Perbedaan Rumah Dari Batu Bata dan Batu Alam 
 Fungsi dan Cara Memilih Vanities Memilih dan Memasang Lis Profil Kayu 
 Material Untuk Membuat Sekat Ruang dan Kelebihannya Memasang dan Memilih Roster 
 Kecurangan yang Sering Terjadi Pada Proyek Bangunan Tips Menata Pencahayaan Buatan untuk Rumah Tinggal 
 Menggunakan Teras Secara Maksimal Cara Membuat Desain Dinding dari Bambu 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker