Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Eksotisme Rumah Tradisonal Bali

Eksotisme Rumah Tradisonal Bali

Bangunan rumah yang menggunakan gaya tradisional Bali selalu menghadirkan kesan yang lebih istimewa dan cenderung eksotis. Karena element yang digunakan untuk menghias bangunan selalu punya tampilan yang unik dan tidak akan bisa dijumpai pada bangunan lain meski sama-sama menggunakan gaya tradisional.

Contohnya seperti yang terlihat pada gambar. Pondasi bangunan ini dibuat dengan posisi yang lebih tinggi dari permukaan tanah. Selain menjadikan tampilan bangunan bisa terlihat lebih megah, dengan posisi seperti ini bangunan rumah juga bisa menjadi lebih aman jika ada hujan yang lebih deras dan air tidak bisa mengalir dengan lancar yang menimbulkan genangan air atau banjir.

Agar  bisa masuk ke dalam rumah, dibuat tangga yang berada di depan teras bagian tengah yang menyatu dengan dinding pondasi dan lantai. Tangga ini dibuat dengan desain yang cukup menarik. Trap yang berada di bagian paling bawah punya ukuran yang lebih panjang, sedang yang berada di atas ukurannya lebih pendek.
Agar terlihat lebih segar, beberapa tanaman hias diletakan di sebelah samping kiri dan kanan tangga. Keberadaan tanaman ini juga membuat dinding pondasi yang ada di depan terlihat tidak kosong.

Eksotisme rumah tradisonal Bali pertama hadir dari penggunaan dua patung kuda yang ditempakan di sebelah kiri dan kanan teras. Patung kuda dengan tampilan yang sangat eksentrik ini menggunakan warna putih. Hal ini memang cukup aneh namun tetap menarik, karena selama ini rumah tradisional Bali jarang ada yang menggunakan patung kuda sebagai hiasan ruang.

Di tempat ini terdapat beberapa tiang penyangga dari kayu warna coklat. Tiang ini dilengkapi dengan pondasi dari cor adonan semen dan pasir. Tujuannya tentu saja agar tiang tersebut lebih kuat menahan beban. Selain itu pada bagian atas juga diberi kayu palang yang diletakan di sebelah kiri dan kanan dengan posisi miring yang disambungkan pada kayu lain yang diletakan di atas tiang pilar secara horizontal.

Palang miring dan kayu horizontal tersebut punya tampilan yang tidak kalah eksotis. Element ini diberi hiasan berupa ukiran, kemudian diberi warna merah dan kuning keemasan yang sangat indah dan mencolok serta kontras.

Di belakang teras masih terdapat ruang teras lagi dengan posisi yang lebih tinggi dari teras pertama. Tiang penyangga dari kayu kembali digunakan untuk menahan beban atap yang ada di belakang. Konsep pemasangannya juga sama, namun kayu yang digunakan punya ukuran yang lebih besar. Selain itu pondasinya juga lebih tinggi dan diberi ornament dari kayu dengan warna yang lebih terang. Hal ini dikarenakan beban yang disangga lebih besar dan berat.

Meski tidak terlihat secara jelas, pintu yang berada di belakang teras juga punya konsep tampilan yang sama dengan ornament untuk menghias tiang penyangga yang berada di depan. Sedangkan dinding yang ada di sebelah kiri dan kanan, menghadirkan nuansa tradisional Bali yang sangat khas dan eksentrik, yaitu didominasi oleh warna merah kecoklatan dan abu-abu. Paduan dua warna ini dihasilkan dari batu bata untuk membuat dinding dan adonan semen pasir untuk membuat ornament.
Atap yang berada di atas teras depan, punya tampilan yang lebih sederhana karena menggunakan besi yang yang bentuknya melekuk-lekuk. Tapi atap yang berada di belakang punya tampilan yang lebih istimewa karena menggunakan atap dari rumput ilalang.

Bentuk dari atap ini adalah limas dengan konsep desain yang agak berbeda. Atap depan yang membentuk segitiga posisinya tidak sejajar namun berada di bawah atap yang berada di bagian samping. Bentuknya juga tidak lurus langsung, namun sedikit bergelombang.

Sumber gambar : http://valbali.blogspot.com



 
Artikel Lainnya :
 Landscape Rumah Kampung Bali Dengan Tampilan yang Sangat Alami Menghias Dinding Menggunakan Kabel dan Stop Kontak 
 Mengenal Jenis-jenis Keramik Memilih Tanaman Untuk Pagar Hidup 
 Perbedaan dan Persamaan Rumah Tropis dan Minimalis Kelebihan Desain Balkon Melayang 
 Teknik Menyambung Bambu Pada Bangunan Kelebihan dan Cara Merawat Batu Alam Buatan 
 Bangunan Masjid Bernuansa China di Surabaya Menghias Kaca Dengan Teknik Grafir dan Air Brush 
 Paduan Modern dan Tradisional Pada Bangunan Rumah Interior Hotel Paling Mahal 
 Condotel, Pilihan Investasi Terkini Yang Kian Merebak di Bali Keuntungan dan Cara Membuat dan Memasang Lantai Kayu Bundar 
 Tips Merawat Kamar Mandi Keuntungan dan Teknik Penggunaan Pagar Kayu 
 Patung Terbesar di Dunia Bentuk Huruf ‘V’ pada Rumah Bali 
 Menelusuri Ciri Khas Ragam Hias Nusantara Memasang Keramik Kamar Mandi 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker