Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Nuansa Prestisius Rumah Villa di Sanur Bali

Nuansa Prestisius Rumah Villa di Sanur Bali

Bangunan rumah yang dijadikan sebagai villa ini berada di daerah Sanur Bali, yang terkenal sebagai tempat mewah dan prestisius untuk liburan wisata atau melakukan kegiatan bisnis. Maka desain yang diterapkan juga menggunakan konsep yang mampu menghadirkan kesan prestisius dan mewah.

Bangunan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu lantai atas dan bawah. Desainnya sangat menarik, karena arah hadap dari masing-masing lantai ini punya tampilan yang berbeda. Lantai yang berada di bawah, menghadap kearah samping, sementara lantai atas menghadap kearah depan. Namun yang dijadikan sebagai muka utama justru lantai yang berada di bawah.

Lantai pertama ini punya ukuran yang lebih luas, sehingga bangunannya juga terlihat lebih besar. Tiang penyangga bangunan atau konstruksinya juga punya ukuran yang besar, diletakan di beberapa tempat dengan tampilan yang terlihat sangat gagah dan kokoh.

Alasan dari penggunaan konstruksi berukuran besar ini adalah, karena sebagain ruang yang berada di lantai bawah tidak dilengkapi dengan dinding, terutama pada ruang bagian depan yang merupakan ruang semi terbuka. Jadi beban yang harus disangga oleh tiang konstruksi tersebut menjadi lebih berat karena tidak ada element lain yang ikut menyangga beban tersebut.

Dinding yang berada di depan menggunakan kaca bening, tentu tidak akan kuat menahan beban yang begitu berat terutama untuk cor beton lantai atas dan bangunan yang berada di lantai dua. Jadi fungsi dari dinding kaca ini adalah hanya untuk menghasilkan kesan yang lebih mewah dan elegan saja.

Bentuk yang digunakan dari tiang atau pilar ini adalah bundar dan diberi warna putih, yang merupakan warna dominan. Sedangkan element selain dinding, kebanyakan memunculkan warna coklat yang diperoleh dari bahan kayu yang digunakan. Paduan dua warna ini terlihat sangat kontras namun sangat serasi. Kesan yang timbul adalah segar, terang, akrab dan hangat.

Selanjutnya untuk lantai yang ada di atas, meski punya ukuran lebih kecil namun punya ukuran dinding yang lebih tinggi. Bagian muka diberi ornament dari kayu yang tampilannya mampu membuat bangunan tersebut secara keseluruhan terlihat makin megah dan prestisius.

Nuansa prestisius rumah villa di Sanur Bali yang lain hadir dari bentuk atap yang miring ke samping atau belakang. Selain menghadirkan kesan yang prestisius, penggunaan atap dengan bentuk yang miring ini juga lebih praktis dalam pembuatannya. Pemasangan atapnya juga tidak begitu memakan waktu, bisa dikerjakan dalam waktu yang lebih singkat.

Dengan penggunaan atap seperti ini, air hujan yang jatuh juga lebih mudah mengalir tanpa hampatan yang berarti. Apalagi derajat kemiringannya juga cukup tinggi, menjadikan air bisa mengalir lebih cepat dan langsung jatuh ke bawah.

Lantai atas ini hanya terdiri dari satu ruang saja dan bersifat terbuka karena tidak ditutup dengan dinding. Uniknya, meski bersifat terbuka, namun kamar ini justru digunakan sebagai ruang yang biasanya digunakan untuk melakukan kegiatan yang bersifat privacy yaitu kamar tidur. Hal ini bisa terlihat dengan adanya dipan yang ditutup dengan kain kelambu warna putih dan diletakan tepat di bagian tengah.

Sebagai element pelengkap, dibuat kolam renang yang menggunakan tempat di halaman depan. Kolam ini tidak dibuat di dalam tanah, namun dengan posisi yang lebih tinggi dari pondasi atau lantai bangunan. Sehingga kolam tersebut harus dibuatkan dinding dengan konstruksi yang lebih kuat untuk menahan gerakan air. Namun dengan posisi yang demikian, menjadikan bangunan tersebut terlihat lebih anggun dan artistik.

Sumber gambar : http://www.designrumahku.com






 
Artikel Lainnya :
 Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Solusi Mengharumkan Ruangan dengan Bau Alami 
 Aneka Teknik dan Cara Mengawetkan Kayu Bangunan Membuat Kamar Mandi di Depan Rumah 
 Teknik Melakukan Pembongkaran Rumah Atap Kerucut Pada Rumah Adat Wae Rebo NTT 
 Mencari Arsitek di Lombok ? Kami Partner Arsitek Anda di Lombok Bagaimana Cara Membuat Rumah Adem Tanpa Boros Listrik 
 Membuat Desain Gazebo Bali yang Asri dan Alami Perlunya Menggunakan Jasa Konsultan Warna 
 Apa itu Green Architecture? Bagaimana Merencanakan Kolam Hias Sebagai Element Pemanis Rumah 
 Kemana Tujuan Investasi Properti Tanah Setelah Bali? Lombok, Labuan Bajo, Raja Ampat? Tips Merawat Rumah Papan 
 Mengenal Sejarah Penggunaan Beton Bertulang Kekurangan dan Kelebihan Kusen Kayu dan Alumunium 
 Kelebihan dan Teknik Menggunakan Gebyok Jawa Arsitektur Balaikota Paling Jelita 
 Membuat Patung Rumput Hiasan Dinding Pada Ruang Klasik dan Modern 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2015 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker