Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Kolam Taman Bali yang Permai

Kolam Taman Bali yang Permai

Selain tanaman hias, ada element lain yang mampu membuat tampilan suatu taman terlihat makin cantik dan indah, yaitu kolam yang berada di taman tersebut. Jadi kolam taman juga harus dibuat dengan desain yang tidak asal-asalan saja. Apalagi jika kolam ini dijadikan sebagai pont of interest maupun point of view dari taman tersebut. Maka bentuknya juga harus lebih istimewa.

Salah satu kolam taman yang mampu memberi kesan yang indah dan permai, adalah kolam yang berada di taman Esha Villa yang letaknya berada di daerah Seminyak, tidak jauh dari pantai Kuta Bali yang namanya sudah mendunia tersebut.

Ukuran kolam tersebut cukup besar dan menyatu dengan sebuah teras bangunan. Pada bagian depan, bibir atau tepi kolam membentuk tiga garis lengkung yang sangat indah. Lengkungan pertama dan ketiga, posisinya menjorok kearah depan, kemudian membelok hingga bagian belakang. Sementara lengkungan yang kedua posisinya berada di tengah antara kedua lengkungan tersebut dan menjorok ke belakang.

Pada lengkungan ini terdapat jembatan dari kayu warna coklat yang memunculkan nuansa akrab dan segar serta alami. Jembatan tersebut menuju tepi kolam yang berada disebelah kanan teras. Yang menjadikan jembatan ini terlihat unik adalah,  dari arah bagian depan hingga belakang, lantai kayu yang digunakan punya ukuran yang semakin besar.

Dibagian  tepi jembatan ini diberi tanaman hias yang diletakan pada sebuah pot yang bentuknya kotak persegi panjang dan diberi warna putih. Penggunaan warna ini menghasilkan karakter yang sangat kontras namun tetap terlihat indah dan serasi. Di sebelah pot terdapat hiasan lain seperti bangku dari kayu yang dibentuk melengkung ke bawah.

Pada bagian samping kanan jembatan, masih terdapat jembatan lagi yang bentuknya agak miring atau melintang. Jembatan ini juga punya tampilan yang sangat menarik, karena menggunakan element yang sangat berbeda dengan kayu yaitu cor beton dari adonan semen  dan pasir. Lantainya berbentuk kotak persegi panjang dengan ukuran yang agak besar. Nuansa yang lebih sejuk juga hadir dari jembatan beton yang menghasilkan warna abu-abu ini.

Untuk kolamnya sendiri, pada bagian sebelah kanan jembatan diberi tanaman hias dari jenis yang bisa tumbuh dan hidup di kolam air.  Tanaman yang hanya terlihat batang atas atau daunnya saja tersebut mampu menjadikan tampilan kolam terlihat lebih cerah namun tetap sejuk. Sementara itu kolam yang berada di sebelah kiri jembatan dibiarkan tetap kosong tanpa diberi tanaman hias. Tujuannya adalah untuk menghadirkan suasana yang luas dan lapang pada bagian tersebut.

Teras bangunan yang ada di belakang kolam juga mampu menghadirkan kesan yang mewah namun tetap punya karakter Bali yang sangat khas, terutama pada bagian atapnya yang bentuknya bundar dan menggunakan atap dari rumput ilalang.

Di sebelah kiri dan kanan bangunan teras, terdapat tiang penyangga atap yang bentuknya bundar dan diberi warna putih. Kesan kokoh dan elegan hadir dari element ini. Nuansa Bali juga kembali muncul dari ornament berupa gentong tanah liat yang diletakan di sebelah kanan dari masing-masing pilar.

Lantai dan tangga berundak yang berada di bagian depan bentuknya juga seperti lingkaran, mengikuti bentuk atap. Warna kuning  dari ubin yang dipakai untuk menutup lantai dan tangga menghasilkan nuansa yang lebih ceria dan kontras namun tidak terlihat norak dan tetap serasi dengan warna yang lain.

Keindahan dari kolam taman Bali yang permai ini terlihat makin sempurna dengan adanya tanaman hias lain yang diletakan di depan kolam. Nuansa khas alam Bali yang segar hadir dari tanaman yang tumbuh dengan rimbun namun tetap terlihat rapi, tidak berantakan.

Dipan dari kayu warna coklat yang berada di pojok taman, punya ukuran yang cukup besar dengan tampilan yang sangat eksentrik dan mencolok. Element ini juga mampu memunculkan nuansa tradisional Bali yang lebih kental di taman tersebut.

Sumber gambar : http://www.bnrv.net

 
Artikel Lainnya :
 Membuat Dinding Dari Botol Tips Memilih Kontraktor Villa 
 Eksotisme Rumah Tradisonal Bali Penataan Rumah dengan Konsep Modern Minimalis 
 Keuntungan dan Teknik Penggunaan Pagar Kayu Interior Pesawat Terbang Kelas Bisnis Tingkat Internasional 
 Membuat Teritisan dan Desainnya Tips Untuk Menghemat Biaya Renovasi Murah 
 Menggunakan Furniture Bekas Pakai Membuat Desain Balkon 
 Menggunakan Gypsum Untuk Mempercantik Tampilan Ruang Perbandingan Rumah Kayu dan Bambu 
 Kelebihan dan Cara Menggunakan Semen Instan Menjadikan Kayu sebagai Point Of View pada Bangunan 
 Arstiektur Rumah Badui yang Alami Metode Perhitungan Kebutuhan Cat Dinding 
 Teknik Penyelidikan Tanah Bangunan Membuat Dinding Dari Roster 
 Menghadirkan Kesan Megah Pada Rumah Villa Bergaya Bali Teknik Pembuatan dan Penempatan Jendela yang Baik 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker