Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Landscape Cantik dengan Nuansa Alam Bali

Landscape Cantik dengan Nuansa Alam Bali

Selain konsep desain, bentuk dan gaya, landscape juga punya pengaruh terhadap nilai keindahan tampilan suatu bangunan rumah, taman dan element yang lain. Sehingga landscape juga perlu ditata dengan baik dengan memperhatikan kondisi tanah dan lingkungan atau lahan yang dipakai  untuk mendirikan bangunan tersebut.

Komplek villa Sukhavati Retreat yang berada di daerah Canggu Bali ini merupakan salah satu contoh landscape yang tampilannya mampu memunculkan nuansa khas Bali yang sangat kental dan kuat. Kolam renang yang menjadi element utama diletakan pada bagian tengah. Warna biru yang muncul dari air kolam menghasilkan nuansa yang sangat segar dan terang.

Indahnya kolam renang ini makin terlihat sempurna dengan adanya kolam lain yang berada di atasnya. Kolam yang menghasilkan warna terang kebiruan ini pada bagian tengahnya terdapat pancuran. Bentuk curah atau mancurnya hanya rendah saja, seperti riak ombak yang keluar dari sebuah sumber mata air. Air yang berada di kolam ini selanjutnya turun kebawah.

Disebelah kiri dan kanan kolam renang bawah, terdapat beberapa kursi santai yang bentuknya memanjang kedepan untuk berjemur yang warnanya kuning pucat. Kursi jemur ini dilengkapi dengan payung besar warna putih, sama dengan warna lantai ditempat itu. Sedang kerangkanya menggunakan warna coklat tua. Paduan beberapa warna pada element-element ini menghasilkan kesan yang agak terang dan kontras.

Landscape cantik dengan nuansa alam Bali yang sangat khas hadir dari bidang tanah yang berada di seberang kolam. Posisinya lebih tinggi, dengan bentuk seperti dinding bukit. Dinding ini kemudian ditata kembali dengan tampilan yang lebih indah dan menakjubkan.

Pada bagian tengah dinding, dibuat cerukan sehingga menghasilkan permukaan tanah yang lebih rata. Kemudian dibelakangnya dinding yang seperti bukit kecil tadi dimunculkan kembali. Untuk menghindari terjadinya longsor atau tanah yang runtuh, dinding ini diberi lapisan penutup dari susunan batu kecil yang dilekatkan menggunakan adonan semen dan pasir. Sehingga tampilan dinding ini menyerupai tembok batu, namun terlihat lebih alami dan natural.

Pada bagian pojok kiri, terdapat sebuah patung besar dua dimensi berbentuk kepala manusia, yang diletakan dengan sempurna sehingga terlihat menyatu dengan dinding landscape tersebut. Warna abu-abu dan kehijauan yang muncul karena adanya lumut yang tumbuh justru menjadikan tampilan patung tersebut terlihat lebih spektakuler.

Selanjutnya pada bagian tengah atau sebelah kanan patung, ada bangunan kecil yang difungsikan sebagai gazebo yang juga menggunakan gaya tradisional Bali. Hal ini bisa terlihat pada bagian atapnya yang menggunakan rumput jerami berbentuk limas segitiga atau seperti piramida.

Yang menjadikan tampilan gazebo ini terlihat makin menarik adalah, bagian muka bawah atapnya diberi tanaman hias yang merambat di sekitar tempat itu. Nuansa yang lebih sejuk dan dingin muncul di tempat ini.

Selanjutnya dinding yang berada di bawah gazebo di beri tanaman hias lain yang daunnya cukup lebat namun ukurannya tidak tinggi. Di bagian tengahnya ada pintu kecil yang digunakan sebagai akses untuk masuk ke dalah ruang yang berada di belakang dinding bukit ini. Sedangkan dibagian paling kanan, terdapat tangga berundak untuk naik dan menuju ke atas dinding.

Dinding yang berada di bagian paling atas, punya tampilan yang sangat alami seperti bukit atau hutan yang masih liar. Beberapa pohon kelapa yang ditanam di tempat itu memunculkan suasana khas alam tropis Bali. Beberapa pohon lain dengan ukuran yang lebih tinggi juga ditanam ditemapt tersebut, sehingga suasana atau karakter hutan yang asli makin terasa di tempat itu.

Sumber gambar : http://www.balivillareservation.com


 
Artikel Lainnya :
 Perbandingan Antara Meningkat dan Membesarkan Bangunan Desain Pintu Bali yang Indah 
 Pesona Gereja Blenduk di Semarang 5 Langkah Mendekorasi Ruangan Menyambut Perayaan Hari Raya 
 Bangunan Berbentuk Kura-kura di Jepara Menciptakan Nuansa Romantis dan Tradisional Bali Pada Ruang Makan Terbuka 
 Mengenal Arsitektur Rumah Suku Dani Papua Tips Desain Rumah Bambu 
  Jadikan Rumah Anda Spesial, Bukan Rumah Kebanyakan ! Gedung Parlemen Paling Artistik 
 Jenis Tanaman Untuk Menutup Tanah Membuat Perabot Furniture Bergaya Tas Bagasi 
 Rumah Kopel Dan Masalah Yang Sering Muncul Cara Memilih Rumah Hunian yang Bebas dari Ancaman Banjir 
 Memilih Kayu Untuk Atap Sirap dan Cara Pemasangannya Menjadi Kontraktor yang Ramah Lingkungan 
 Paduan Tradisional Bali dan Modern pada Dapur Raja Ampat - Papua, Prospek Eco-Tourism Masa Depan 
 Rumah Minimalis Modern yang Makin Diminati Memilih Warna Cat 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2015 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker