Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Tampilan Fasad Rumah yang Unik

Tampilan Fasad Rumah yang  Unik

Bangunan yang berada di daerah Rennes Perancis ini sebenarnya sebuah museum. Namun tampilan muka atau fasadnya yang unik bisa dijadikan sumber ide untuk menciptakan fasad baru yang bisa diaplikasikan pada bangunan rumah tempat tinggal atau hunian. Karena fasad memang sering dijadikan sebagai fokus pandangan utama atau pint of view.

Fasad tersebut merupakan ruang yang berada di lantai atas. Posisinya menonjol keluar, dan tampil sendiri sebagai bangunan kecil, namun tetap sebagai satu kesatuan yang utuh dengan bangunan utama yang berada dibelakangnya. Sementara pada bagian bawahnya, merupakan ruang kosong yang bersifat terbuka. Lantai pada ruang atas ini menjadi atap bagi ruang kosong tersebut.

Dinding fasad tersebut mencerminkan nuansa yang sangat alami namun tetap mewah dan modern. Tampilan alami tersebut terutama muncul dari tiang penyangga ruang atau bangunan yang menggunakan bahan kayu utuh atau gelondongan.

Kayu gelondongan ini tampil dalam bentuk yang masih asli. Bahkan kulit yang menempel pada batang kayu tidak diambil dengan tujuan untuk menciptakan karakter yang lebih natural. Apalagi terdapat kayu yang bentuknya tidak lurus namun sedikit miring atau bengkok. Hal ini justru menambah kesan yang lebih artistik dan anggun.

Pada bagian belakang terdapat pintu yang merupakan akses untuk masuk ke dalam bangunan utama. Pintu ini menggunakan kaca bening dengan dua daun atau ganda. Demikian pula dengan ornament berupa dinding yang berada disebelah kiri dan kanan pintu. Kusen dan garis pembats pada ornament diberi warna putih terang. Kesan yang muncul dari element ini adalah suasana yang lebih terang dan segar.

Selanjutnya ruang kecil lantai atas yang bagian depannya tampil sebagai fasad, desainnya sangat istimewa karena menggunakan bentuk yang tidak biasa. Bagian atas atau atap, berbentuk seperti  segitiga, namun tidak simetris. Sisi yang berada disebelah kiri punya ukuran yang lebih pendek dari sisi yang berada disebelah kanan. Sedangkan masing-masing bagian pojok yang berada dibawah dan atas, dibuat melengkung sehingga tidak menghasilkan sudut yang lancip.

Dinding depan diletakan dengan posisi yang menjorok kearah dalam. Sehinga pada bagian depan terdapat garis yang wujud atau tampilannya mengikuti alur atau bentuk dari dinding samping dan atas bangunan. bidang garis ini kemudian ditutup dengan lapisan kayu yang terdidiri dari papan-papan kecil yang disusun secara horizontal.

Konsep yang sama juga dilakukan pada bidang atau dinding berada dibagian samping dalam, baik sebelah kiri, kanan atas dan bawah. Nuansa yang sangat alami juga muncul dari dinding kayu ini. Apalagi warna kayu yang digunakan juga selaras dengan wana kayu pada tiang penyangga di lantai bawah.

Sedangkan dinding yang berada di muka, semua menggunakan kaca mirror. Dinding kaca ini terbagi menjadi beberapa bagian, dimana setiap bagian punya bentuk yang memanjang dari atas ke bawah (vertikal). Masing-masing dipisah dengan kusen yang diberi warna putih, persis dengan pintu depan yang berada dilantai bawah.

Khusus dinding yang berada ditengah, difungsikan sebagai pintu sehingga tampilan garis kusennya terlihat lebih tebal namun tetap menyatu. Penggunaan dinding dan pintu kaca serta kusen warna putih ini memunculkan kesan modern serta mewah namun tetap artistik karena bisa menyatu dengan dinding kayu.

Dinding pada bangunan utama yang berada dibelakang juga punya tampilan yang tidak kalah istimewa dan unik. Pada bagian bawah, dinding tesebut hanya merupakan dinding tembok biasa yang diberi warna abu-abu.

Namun untuk bagian yang atas, ditutup dengan susunan kayu seperti atap sirap, namun dengan teknik yang lebih rumit dan artistik. Kayu yang digunakan warnanya lebih terang dan cerah, sehingga tampilan dinding tersebut juga mampu menambah nilai estetika yang lebih tinggi pada bangunan secara keseluruhan.

Sumber gambar : http://www.besthousedesign.com



 
Artikel Lainnya :
 Membuat dan Menghitung Ukuran Tangga Mencari Arsitek Landscape/Lanskap di Bali? 
 Memilih Tanaman Untuk Pagar Hidup Mempercantik Ruang Dengan Warna 
 Masalah yang Sering Muncul Pada Atap dan Cara Mengatasinya Pengaturan Penghawaan Alami untuk Rumah Tinggal 
 Membuat Cor Beton di Waktu Malam Ruang Tidur Modern Bernuansa Etnik Bali 
 Merubah Bangunan Rumah Lama Menjadi Rumah Unik Arsitektur Menara Paling Indah di Dunia 
 Landscape Taman Tepi Pantai di Pulau Bali Fungsi dan Jenis Teralis Jendela Rumah 
 Pengertian Arsitektur Gaya Neoklasik Perbedaan Antara Membeli Rumah Siap Huni dan Membangun Sendiri 
 Desain Gazebo Paling keren Kelebihan Porselen Untuk Lantai Kamar Mandi 
 Mengenal Jenis-jenis Plafon Desain Geraja yang Megah di kota Medan Sumatera Utara 
 Tips Mengatasi Ruangan yang Lembab pada Rumah Anda Tips Membuat Dinding Batu Bata yang Baik 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker