Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Penggunaan Kayu untuk Memperbaiki Tampilan Rumah

Penggunaan Kayu untuk Memperbaiki Tampilan Rumah

Bangunan rumah yang berada di kota London Inggris ini sebelumnya punya tampilan yang sangat sederhana dan biasa saja. Namun setelah dikembangkan dengan bangunan tambahan yang diletakan pada bagian depan, maka tampilan menjadi lebih indah dan menarik.

Bahan untuk membuat bangunan tambahan ini sebagian besar menggunakan kayu. Pada bagian depan atau muka, papan kayu diaplikasikan pada semua dinding yang berada di luar. Teknik penyusunan kayu ini terbilang cukup kreatif dan istimewa. Papan-papan kayu dengan ukuran yang cukup lebar disusun rapat secara vertikal.

Antara susunan kayu yang satu dan yang lain tentu terdapat celah yang membentuk garis. Celah garis ini tidak dibiarkan begitu saja, namun ditutup dengan batang kayu yang punya ukurannya cukup kecil. Kayu yang digunakan untuk papan dan penutup celah ini merupakan kayu dari jenis yang sama. Warnanya adalah coklat tua.
Konsep penyusunan kayu seperti ini menghasilkan garis-garis vertikal yang lebih jelas dan tegas. Hal ini menyebabkan tampilan bangunan menjadi terlihat lebih tinggi. Sedangkan papan kayu yang punya ukuran lebih lebar secara otomatis juga membuat bentuk bangunan menjadi nampak lebih panjang.

Kemudian untuk pintunya, antara bagian yang berada di sebelah kiri dan kanan punya konsep yang sama persis. Kayu yang digunakan untuk kerangka dibuat dari jenis yang lain dengan tampilan serat yang lebih cerah dan tidak begitu gelap, jika dibanding dengan penggunaan kayu pada dinding. Sedang untuk daun pintunya sendiri menggunakan bahan dari kaca bening atau transparan.

Dari pintu kaca ini kita bisa melihat kondisi di dalam ruang dengan jelas. Di tempat tersebut terdapat seperangkat kursi dan meja tamu dengan warna abu-abu gelap dan abu-abu terang. Dindingnya menggunakan warna putih kekuningan, sedangkan untuk lantainya punya warna coklat terang namun sedikit kuning.

Sementara itu, dibelakang bangunan rumah kayu ini terdapat bangunan rumah lain yang merupakan bangunan lama. Tampilannya terlihat sederhana namun eksotis. Dindingnya menggunakan batu bata yang tidak diberi lapisan menutup.

Ukuran bangunan ini juga jauh lebih tinggi dari bangunan rumah kayu yang berada di depannya. Pada bagian atapnya terdapat menara atau tower yang juga menggunakan dinding bata tanpa penutup atau plester.
Meski merupakan dua bangunan yang dibuat dalam waktu yang tidak bersamaan serta punya bentuk desain yang berlainan, namun antara dua rumah kayu dan yang berdinding batu bata ini tetap bisa menjadi satu kesatuan yang utuh.

Hal ini bisa terjadi terutama karena penggunaan bahan kayu yang warnanya sangat selaras dengan warna batu bata pada bangunan yang lama. Sehingga keberadaan dua bangunan rumah tersebut bisa saling melengkapi, baik dari sisi fungsi maupun keindahan arsitektur bangunan.

Kemudian untuk melengkapi keindahan dua bangunan rumah yang menyatu tersebut, halaman yang berada di bagian depan juga dibuat secara khusus. Untuk pembatas dinding bagian bawah dan halaman, dibuat semacam lantai sempit menggunakan papan kayu berwarna gelap atau hitam.

Kemudian di depan lantai tersebut diberi jalan kecil yang ditutup dengan batu-batu kerikil kecil warna putih. Selanjutnya untuk halamannya diberi hamparan rumput hijau yang segar. Jika ingin bersantai, dalam susunan batu kerikil juga dilengkapi dengan dua kursi dan satu meja bundar. Warna putih.

Paduan warna coklat terang dan gelap serta hitam pada kayu dan warna putih pada kerikil yang dipadu dengan warna hijau pada rumput menghasilkan suasana yang cukup unik. Yaitu sejuk, segar dan akrab serta hangat, namun tetap alami dan natural.

Sumber gambar : http://www.besthousedesign.com

 
Artikel Lainnya :
 Teknik Penyelidikan Tanah Bangunan Rumah Gadang yang Unik dan Menarik 
 Mengenal Jenis-jenis Plafon Peran Arsitek Dalam Estetika Bangunan 
 Jenis-jenis Batako dan Cara Pembuatannya Ciri Taman Rumah yang Menggunakan Gaya Eropa dan Mediterania 
 Interior Paling Eksentrik Sedunia Perbedaan Interior Kantor Yahoo dan Google 
 Mengapa Cat Baru Cepat Mengelupas? Seluk-Beluk Kontrak Kerja dengan Arsitek atau Kontraktor 
 Desain Interior Ruang Istana Maimun Pengertian dan Cara Membuat Taman Tematik 
 Mengenal Jenis-jenis Kayu Olahan Membuat Desain Wardrobe 
 Penggunaan Batu Alam dan Kayu untuk Fasad Keuntungan dan Teknik Penggunaan Pagar Kayu 
 Faktor Penentu Keawetan dan Kualitas Dinding Bangunan Membuat Peneduh dan Mempercantik Fasade Rumah dari Tanaman Rambat  
 Rumah Panjang Gaya Bali di Tepi Hutan Benteng Unik di Keraton Buton 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Instagram - Image Bali Arsitek dan Kontraktor Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2016 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Web developed by BaliWS
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker