Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Rumah Cantik Berdinding Kayu

Rumah Cantik Berdinding Kayu

Rumah yang terletak di daerah Bainbridge Island, Washington, Amerika ini sebenarnya terdiri dari beberapa bagian. Namun yang menjadi bangunan utama sekaligus sebagai point of view atau fokus utama pandangan adalah rumah yang terdiri dari dua lantai dan sebagian besar dinding luarnya ditutup dengan papan kayu yang disusun rapat secara melintang atau horizontal.

Pada bagian luar atau depan terdapat taman atau halaman yang ditutup dengan rumput dan beberapa pohon yang punya ukuran tidak begitu tinggi. Hamparan rumput dan pohon ini seakan dibiarkan tumbuh liar dengan tujuan untuk memunculkan kesan yang lebih alami dan natural.

Sebelum masuk ke dalam rumah, penghuni akan melewati pintu yang diletakan agak menjorok kedalam. Pada bagian depan atau samping pintu yang daunnya menggunakan kaca bening atau transparan ini terdapat semacam bidang atau dinding yang menyamping.

Dinding atau bidang ini merupakan tembok kecil dan pendek yang tidak diberi warna sama sekali sehingga memunculkan nuansa yang lebih alami. Adapun kegunaannya adalah sebagai sekat atau pemisah antara bangunan utama dan bangunan tambahan yang berada di samping kiri.

Sedangkan di sebelah kanan pintu, terdapat dinding yang sebagian besar menggunakan kaca transparan yang menjadikan bentuk bangunan terlihat makin elegan. Dari tempat ini kita bisa melihat kondiri bagian dalam atau interior ruang. Penggunaan dinding dan pintu kaca ini juga menjadikan kondisi di dalam ruang terasa lebih lebar dan luas serta tidak sesak. Selain itu penghuni rumah juga bisa melihat pemandangan luar dengan lebih jelas tanpa ada halangan sama sekali.

Sedangkan untuk lantai atas, pada bagian dindingnya tidak ada ornament sama sekali, kecuali dinding kecil dan jendela yang diletakan secara menyatu dan di sebelah kanan pada bagian tengah. Antara dinding dan jendela ini hanya dipisahkan dengan kayu kusen saja.

Yang menjadikan tampilan dua ornament ini terlihat agak unik adalah, posisi kusen tersebut membentuk garis lurus yang menyambung dan menjadi satu dengan garis susunan kayu pada dinding. Hal ini bisa terjadi karena semua papan kayu yang digunakan untuk membentuk dinding punya ukuran panjang yang sama, sehingga antara satu kayu dengan kayu yang lain bisa membentuk garis vertikal.

Untuk bagian atap, juga punya tampilan yang tidak kalah istimewanya. Bentuknya menyerupai piramida dan terbuat dari kaca warna gelap namun bersifat agak transparan. Antara atap yang satu dengan yang lain masing-masing berbentuk segitiga dan disatukan dengan logam alumunium.

Atap ini sebenarnya bukan merupakan atap dalam arti yang sebenarnya. Karena atap sesungguhnya berasal dari cor beton yang berada di bagian atas lantai dua. Fungsi dari atap kaca ini untuk memunculkan nuansa yang lebih elegan pada bangunan tersebut serta menciptakan sistem pencahayaan yang alain dari sinar matahari.

Kembali ke lantai bawah, di samping kanan bangunan terdapat suatu ruang kecil yang tampilannya seakan menempel pada dinding bangunan utama. Bagian depannya menggunakan dinding kaca, sementara dinding yang lain tidak ditutup dengan papan kayu, namun diberi warna putih terang.

Sedangkan di sebelah kiri bangunan utama, terdapat bangunan lain yang ukurannya cukup besar dan terdiri dari dua lantai. Untuk lantai pertama, sebagian besar dinding bagian depan juga menggunakan kaca transparan. Sedangkan untuk lantai atas, ukuran bangunan lebih kecil dari lantai pertama. Sebagian dinding yang berada di atas menggunakan kaca bening lagi, sedangkan bagian yang lain merupakan dinding biasa yang diberi warna abu-abu.

Masing-masing bagian dari bangunan ini punya teknik pencahayaan yang sama, yaitu menggunakan  lampu yang mengeluarkan sinar berwarna kuning terang. Hal ini menjadikan tampilan rumah tersebut semakin terlihat mewah dan segar serta akrab dan hangat.

Sumber gambar : http://www.besthousedesign.com

 
Artikel Lainnya :
 Menggunakan Gypsum Untuk Mempercantik Tampilan Ruang Perbedaan dan Persamaan Furniture Gaya Victoria dan Klasik 
 Rumah Unik Berdinding Kaca dan Kayu Memberi Warna Pada Garis Lurus Pada Bangunan 
 Membuat Ruang Olahraga di Rumah Aneka Masalah Teknik Pengerjaan Proyek Bangunan 
 Membuat Desain Rumah Kubus Mengenal Jenis-jenis Jendela 
 Teknik Pencahayaan Dalam Ruang atau Rumah agar Lebih Indah Jenis-jenis Pondasi Serta Kelebihan dan Kekurangannya 
 Rumah Berdinding Kaca dan Batu Tips Cara Membeli Rumah Second /Bekas 
 Perbedaan Desain Atap Gaya Mediterania, Tropis dan Minimalis Menciptakan Keharmonisan Keluarga di Ruang Keluarga berukuran 9m2 
 Unik dan Cantik Rumah Kayu di Bali Terrazzo sebagai Bahan Lantai Ramah Lingkungan 
 Bagian Ruang Yang Harus Mendapat Perawatan Ekstra Bangunan Indah di Gua Sunyaragi Cirebon Jawa Barat 
 Jenis Struktur Basement Menata Ruang yang Tidak Menggunakan Plafon 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker