Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Rumah Berbentuk Huruf ‘V’ Terbalik

Rumah Berbentuk Huruf  ‘V’ Terbalik

Rumah yang menggunakan konsep desain bergaya kontemporer ini berada di pinggiran pantai, sehingga bagian depan atau halamannya dibiarkan tampil apa adanya tanpa perlu diberi taman. Karena tanahnya merupakan pasir laut yang tentu saja tidak bisa digunakan sebagai media untuk tanaman hias. Selain itu dengan membiarkannya begitu saja, karakter khas pantai yang alami akan lebih kuat terasa.
 
Bentuk bangunannya juga punya tampilan yang cukup unik, yaitu membentuk huruf ‘V’ terbalik. Bentuk ini mengakibatkan bangunan rumah tersebut punya dua muka yang saling berhadapan. Selain itu juga masih terdapat muka lain yang berada di dua ujung bangunan, sebelah kiri dan kanan serta posisi arahnya saling berlawanan.

Sebelum masuk ke dalam rumah, kita harus melewati jalan tangga berundak yang berada di sisi kanan huruf ‘V’. Tangga ini terbuat dari cor beton, sementara lantai ubinnya diberi lapisan dari kayu. dari tangga ini kita menjumpai tempat terbuka yang juga diberi lantai kayu, dimana pada bagian depannya membentuk suatu lengkungan seperti setengah lingkaran namun tidak begitu bundar.

Di tempat tersebut ada banyak kursi lipat yang juga menggunakan bahan kayu dan ditaruh di bagian pinggir sebelah kiri. Di sebelah pojok yang merupakan bagian tengah dari huruf ‘V’, terdapat satu ruang yang semua dinding depannya menggunakan kaca bening atau transparan dalam beberapa bagian dan dipisahkan dengan kusen alumunium. Ruang ini difungsikan untuk menerima tamu. Di dalamnya ada seperangkat kursi dan meja yang berwarna abu-abu. 
 
Di depan sebelah kanan bagian luar, terdapat tangga dengan bentuk spiral dari besi dan diberi warna putih. Tangga ini merupakan akses untuk naik ke lantai atas. Di lantai tersebut juga terdapat ruang terbuka tanpa menggunakan atap. Sedangkan lantainya merupakan atap dari ruang tamu yang berada di lantai bawah tadi.
Di tempat ini kaca kembali digunakan untuk membuat pagar pengaman di bagian depan. Sedangkan bagian pojok yang berada di tengah merupakan pintu atau akses untuk masuk ke dalam ruang yang berada di tempat tersebut.

Kembali ke lantai bawah, pada sisi sebelah kiri pada bagian sampingnya ditutup dengan dinding biasa dan menggunakan warna putih. Untuk bagian depan, ditutup dengan pintu geser dari kayu. Namun pintu ini masih diberi pintu lain yang terletak di bagian dalam dan menggunakan bahan kaca. Sedangkan bagian pinggirnya tetap menggunakan kerangka dari dinding.

Untuk lantai atasnya, hampir semua bagian muka menggunakan dinding kaca kecuali dinding yang berada di bagian pojok yang memakai kayu. Sedangkan bagian belakang dan atas yang berbatasan dengan atap menggunakan dinding biasa. Jika dilihat dari depan, muka bangunan ini membentuk huruf ‘G’ atau angka enam.
Huruf ‘V’ yang berada di sebelah kanan punya tampilan yang agak berbeda. Pintu yang berada di lantai bawah letaknya agak menjorok ke dalam, sehingga menyisakan ruang kosong yang bersifat terbuka. Dinding ruang terbuka ini diberi penutup atau lapisan kayu. demikian pula pintu yang menutup semua bagian dinding depan atau muka, juga menggunakan bahan yang sama.

Lantai atas diberi teras yang pagarnya menggunakan kaca bening. Dinding yang berada di bagian teras juga menggunakan kaca lagi. Sedangkan dinding yang berada di luar sebelah kanan ditutup dengan lapisan kayu.
Selanjutnya dinding lain yang berada di samping kiri dan terletak di teras atas, lapisan kayu kembali digunakan untuk menutup bagian tersebut. Jadi bisa dikatakan, jika bangunan ini menggunakan tiga jenis bahan untuk membuat dindingnya, yaitu kayu, kaca bening dan dinding biasa yang diberi warna putih.

Penggunaan tiga bahan utama ini memunculkan suasana rumah yang luas, segar namun tetap sejuk dan akrab sekaligus memunculkan nilai keunikan tersendiri.

Sumber gambar : http://freshome.com

 
Artikel Lainnya :
 Memilih dan Menggunakan Keramik Corak Pengertian dan Teknik Perancangan Pondasi Telapak Gabungan 
 Mencari Kontraktor di Lombok? Kami Partner Kontraktor Anda di Lombok Konsep Konstruksi Rumah Kayu dan Bambu 
 Kayu Lengkung untuk Fasad Bangunan Cara Memilih Rumah Hunian yang Bebas dari Ancaman Banjir 
 Mengenal Jenis Batu Bata dan Cara Memilihnya Serba-serbi Rumah Cluster 
 Tips Merawat Rumah Papan Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen 
 Pengertian dan Fungsi Network Planning Proyek Bangunan Penggunaan Kayu Dengan Konsep yang Sama pada Rumah dan Pagar 
 Layout Rumah dan Zona Ruang Bangunan Museum Paling Istimewa 
 Interior Paling Eksentrik Sedunia Teknik Mendesain Pilar 
 Tips Bagaimana Membuat Teras Yang Nyaman Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jasa Broker Dalam Jual Beli Rumah 
 Keuntungan dan Cara Menggunakan Kusen Alumunium Membuat Green Graffiti Untuk Mempercantik Tampilan Dinding 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker