Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Membuat Peneduh dan Mempercantik Fasade Rumah dari Tanaman Rambat

Membuat Peneduh dan Mempercantik Fasade Rumah dari Tanaman Rambat

Banyak cara yang digunakan untuk mempercantik tampilan muka rumah, terutama pada bagian kanopi. Fungsi kanopi ini selain untuk peneduh juga bisa digunakan untuk tempat parkir mobil atau carport. Kebanyakan orang menggunakan bahan fiber glass atau genting biasa untuk membuat kanopi. Selain bahan tersebut sebenarnya masih ada bahan lain untuk membuat kanopi, yaitu tanaman rambat.

Selain membuat tampilan bisa lebih indah, dengan menggunakan tanaman rambat sebagai kanopi biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih irit. Apalagi jenis peneduh atau kanopi ini dijamin ramah lingkungan serta kesejukan yang dihasilkan juga lebih maksimal.

Pertama kali yang harus dilakukan ketika membuat kanopi dari tanaman rambat adalah membuat kerangka sebagai tempat tanaman tersebut merambat.  Pilihlah yang terbuat dari besi agar lebih kuat dan tahan lama. Jumlah besi penyangga atau konstruksi yang ideal adalah tiga atau empat pada masing-masing sisi kanopi. Sehingga jumlah keselurahannya adalah enam atau delapan.

Namun jika ukuran kanopi tersebut relatif lebih kecil, dua pasang konstruksi sudah cukup. Setelah itu masing-masing konstruksi ini saling dihubungkan dengan cara diberi besi yang lebih kecil sebagai tempat dan media rambat. Setelah semua siap, tinggal memilih jenis tanaman rambat yang cocok.

Ketika memilih jenis tanaman yang digunakan untuk kanopi, pilihlah jenis tanaman rambat yang punya daun lebih banyak dan rimbun, namun tidak mudah rontok, serta daunnya tetap bisa tumbuh meski pada musim panas atau kering. Tanaman tersebut juga harus punya daya tahan yang kuat, termasuk tidak mudah terkena serangan hama atau ular.

Selain itu jenis tanaman rambat yang digunakan juga bisa tumbuh dalam jangka waktu yang lama, sehingga kita tidak perlu terlalu sering menggantinya.

Lebih bagus lagi jika tanaman tersebut punya bunga sehingga kesan eksotis yang muncul akan lebih maksimal. Sesuaikan warna bunga yang dipilih dengan kondisi serta konsep taman yang ada di situ serta warna rumah yang digunakan.

Jika lebih berani melakukan eksplorasi, gunakan tanaman rambat yang jenis maupun warna bunga dan daunnya berlainan (tidak harus hijau). Asal cara penataan tanamannya bagus maka suasana yang dihasilkan juga tidak menimbulkan kesan ramai, namun justru makin dramatis.

Agar lebih cepat tumbuh dan teduh, masing-masing kosntruksi sebaiknya diberi tanaman rambat, jadi bukan hanya pada satu konstruksi saja. Waktu terbaik untuk melakukan penanaman adalah awal musim hujan sehingga tanaman tersebut lebih mudah tumbuh dan tidak gampang mati karena kekurangan air.

Agar arah tumbuh dan rambatnya sesuai dengan keinginan, pada batang tanaman yang sedang tumbuh bisa diberi kawat kecil atau tali yang gunanya untuk mengatur arah pertumbuhan tanaman tersebut. Usahakan memilih warna kawat atau tali yang tidak kontras dengan warna daun, bunga maupun batang dengan tujuan tidak merusak kesan indah yang sudah muncul.

Perawatan bagi tanaman rambat ini juga cukup mudah yaitu hanya perlu disiram saja sesuai dengan kebutuhan. Tidak jauh berbeda dengan jenis tanaman yang lain, jika daun yang tumbuh sudah terlalu lebat, bisa dilakukan pemotongan batang secara berkala. Karena jika tanaman rambat terlalu rimbun juga tidak bagus karena akan seperti tanaman liar.

Jika ada daun atau batang yang kering maupun busuk, singkirkan secepatnya agar tidak menimbulkan kotor. Selain itu daun yang busuk juga akan memudahkan jamur untuk tumbuh. Tentu hal ini akan mengganggu siklus kehidupan dari tanaman rambat tersebut.

 
Artikel Lainnya :
 Tips Cara Hemat Dalam Merenovasi Rumah Fungsi dan Jenis-jenis Batu Split 
 Tips Membuat dan Memasang Atap Rumput Ilalang Menghindari Kebocoran Pada Plafon Gypsum  
 Membuat Sumur Bor Langkah Penting dalam Merenovasi Rumah Murah 
 Mengapa Rumah Minimalis Begitu Diminati? Jembatan Cantik Untuk Taman 
 Cara Membuat Lantai Bambu Butuh Kontraktor Landscape/Lanskap untuk Villa atau Hotel Anda? 
 Eksplorasi Bambu Untuk Rumah Modern Agar Partisi Tidak Menimbulkan Kesan Sempit 
 Acuan Dan Hal Penting Dalam Mendesain Mini Bar di Rumah Perbandingan Sumur Bor Mesin dan Manual 
 Tips Membangun Rumah Baru Anda Interior Paling Eksentrik Sedunia 
 Cara Membersihkan Karpet Yang Terkena Noda Tips Menggunakan Lampu Hias Taman Dalam Ruang 
 Mengatur Ruang Cuci Mengenal Ekpose Gaya Platonik Geometris 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker