Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
 
 
   
Loading
 
 

Feng Shui dan Primbon dalam Membangun Rumah

Feng Shui dan Primbon dalam Membangun Rumah

Banyak pertimbangan saat akan membangun sebuah rumah. Selain finansial yang memang merupakan bagian pokok dari perencanaan pembangunan, ada juga beberapa orang yang mempercayai desain bangunan berdasarkan aturan fengshui dan primbon.  Ada yang berpendapat bahwa Feng shui ibarat ilmu arsitekturnya Cina. Feng shui merupakan

peraturan-peraturan untuk membangun rumah  yang memperhitungkan dan mempertimbangkan data pembangunan rumah seperti dimensi struktur tanah atau lahan, pada tahun berapa sebuah bangunan didirikan, dan berapa jangka waktu yang dibutuhkan untuk pembangunan. Selain itu feng shui juga memperhatikan unsur estetika dan struktur bangunan, contohnya arah pintu, jendela, letak lampu, dll.

Terdapat dua pendekatan dalam mempraktekkan feng shui, yaitu feng shui bentuk dan kompas. Feng shui bentuk digunakan untuk mengatur fungsi serta tata letak ruangan rumah tanpa terfokus pada arahnya. Contohnya, meletakkan kursi sebaiknya jangan tepat membelakangi jendela, atau jika rumah Anda berlantai 2 maka feng shui akan menyarankan jangan membangun kamar tidur di lantai 2 persis di atas dapur yang berada di lantai 1.

Pendekatan feng shui yang ke dua adalah feng shui kompas. Feng shui kompas ini lebih rumit karena memerlukan ketelitian dan kecermatan tersendiri khususnya tentang arah datangnya energi positif dari bangunan rumah. Feng shui kompas berperaan mengatur tata letak ruangan dan interior rumah semaksimal mungkin bahkan nyaris sempurna berdasrkan prinsip-prinsip aliran energi yang diterapkan oleh feng shui.

Tata letak dan ruang dengan menggunakan feng shui kompas harus bukan hanya memaperhatikan fungsinya saja, tetapi memperhatikan pula energi yang merupakan hasil dari perhitungan arah bangunan dan jangka waktu proses pembangunannya. Ke dua jenis feng shui ini bisa saling melengkapi dalam sebuah integrasi membangun rumah yang dapat mendatangkan aura energi positif bagi Anda dan keluarga. Stigma yang perlu diluruskan di sini adalah bahwa dalam ilmu feng shui, estetika keindahan dalam  sebuah rumah tidak ditentukan oleh data personal pemilik rumah, seperti tanggal lahir, tanggal penikahan, dsb.

Akan tetapi kualitas tata letak dan ruang sebuah bangunan merupakan murni karena penghuni rumah mengaplikaskan dengan benar prinsip-prinsip feng shui dalam membangun rumah. Dengan begitu, saat berbicara feng shui dalam membangun rumah tidak ada kaitannya dengan shio, suku atau ras, dan profesi.

Sebagai pengetahuan, bahwa dalam metafisika China ada sebuah istilah yang di sebut Ba Zi. Nah, Ba Zi inilah yang menganalisis data personal seseorang untuk  disesuaikan dengan unsur-unsur  tertentu yang berdsarkan kalender Hsia atau sistem penaggalan Cina yang menggunakan peredaran matahari sebagai acuannya, akumulasi analisisnya nanti akan mencerminkan nasib seseorang. Termasuk dalam membangun rumah dan penempatan ruang-ruang privasi seperti kamar tidur diatur sesuai dengan perhitungan data pribadi penghuninya.

Di samping feng shui, Anda bisa menjadikan acuan primbon dari Jawa untuk membantu Anda dalam segala hal pembangunan rumah, dari sejak perencanaan sampai penyelesaian. Antara feng shui dan primbon mempunyai ciri khas masing-masing yang dilatar belakangi oleh budaya asalnya. Seperti dalam feng shui bahwa bangunan rumah itu sebaiknya menghadap ke arah utara sedangkan pendapat primbon bahwa arah yang baik itu adalah rumah yang menghadap ke selatan. Semunya itu kembali kepada Anda akan memilih acuan primbon dari Jawa atau feng shui Cina.

Dalam primbon kental sekali dengan adat Jawa yang diwarnai oleh tradisi kerajaan Hindu pada zaman dahulu. Ada sebagian masyarakat Indonesia yang menganggap bahwa membangun rumah itu harus memperhitungkan tanggal dan hari yang baik menurut para sesepuh yang mendalami ilmu parimbon. Selanjutnya dalam praktik membangun rumah, ada ritual-ritual tertentu yakni menyajikan sesajen kepada makhluk ghaib yang dipercaya sebagai penunggu lahan. Ritual ini bertujuan agar pembangunan yang dilakukan berjalan dengan lancar.

Kembali lagi pada dasarnya bahwa membangun rumah merupakan proses yang menuntut kesungguhan dari sejak proses perencanaan sampai pada tahap finishing, dan urgensi antara feng shui dan primbon adalah masalah kecendrungan Anda untuk memilih dan mengapikasikannya sebagai instrumen yang membantu Anda untuk mengambil keputusan langkah-langkah pembangunan.

 
Artikel Lainnya :
 Kelebihan Desain Balkon Melayang Mendesain Ruang Cuci 
 Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Rumah Kaki Meja yang Unik di Restoran Bali 
 Membuat Cor Beton di Waktu Malam Mengenal tentang Psikologi Rumah 
 Atap Bambu yang Unik Pada Bangunan Rumah Adat Cikondang Jawa Barat Membuat Taman Atap 
 Pertimbangan Memilih Tempat Tidur yang Sehat dan Nyaman Nuansa Kolonial di Rumah Bali 
 Menggunakan Furniture Multifungsi untuk Efisiensi Ruangan Teknik Memotong Ubin Lantai 
 Tips Membangun Rumah Kost Murah Menelusuri Perkembangan jenis dan Bentuk Ragam Hias Bali 
 Atap Kerucut Pada Rumah Adat Wae Rebo NTT Penggunaan Gypsum Untuk Membuat Dinding 
 Interior Ruang Terbuka Bergaya Urban Dalam Rumah Tata Cara Permohonan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB) Rumah Tinggal 
 Mengetahui Bagian Kusen Jendela dan Pintu dan Cara Merawatnya Rumah Orang Kaya Sedunia 
 
Semua Artikel
 
 
Find us on Facebook Rss Feed Follow us on Twitter
Copyright © 2011 - 2014 Image Bali Arsitek dan Kontraktor
Powered by Image Bali International
Protected by Copyscape Online Plagiarism Software
eXTReMe Tracker